BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Larang Pemakaian Cadar: PBNU Hargai Peraturan Rektor UIN Yogya


Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Sulton Fatoni hargai peraturan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang melarang penggunaan cadar di lingkungan kampus.

"Langkah itu tidak melanggar HAM karena rektor tidak melarang menutup aurat, yang dilarang hanya memakai cadar," katanya di Jakarta, Kamis.

Menurut Sulton Fatoni, dalam konteks pelarangan cadar di UIN Yogya itu Rektor sedang memberlakukan peraturan yang memudahkan proses belar mengajar perkuliahan dengan cara memilih memberlakukan dua aturan, yaitu kerudung-jilbab dan tidak cadar.
Sulton Fatoni Mengatakan, siapapun tidak boleh memprotes seorang wanita bercadar tersebut.Sulton tidak menyalahkan jika ada Muslimah yang berketetapan menggunakan cadar. Memakai cadar  bagian dari syariat Islam. Membuka wajah dengan cara memakai kerudung dan juga jilbab itu juga syariat Islam. Tiga jenis mode itu termasuk kategori menutup aurat.

Pelarangan penggunaan cadar itu diperbolehkan untuk kemaslahatan di area privat seperti di perkantoran, tempat belajar dan tempat tertutup lainnya.

"Yang tidak boleh itu pelarangan menutup aurat," kata dia. (IG)


Sumber : sumbar.antaranews
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID