BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Cuaca Tak Menentu, Waspadai DBD dan ISPA


Cuaca di Kota Padang beberapa hari ini sering tak menentu. Terkadang panas "berdangkang", terkadang hujan. Anomali cuaca ini dikhawatirkan akan memunculkan penyakit di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid menyebut perubahan cuaca yang tiba-tiba agar diwaspadai seluruh masyarakat. Karena akan menimbulkan dampak penyakit seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

"Waspadai DBD dan ISPA,  karena cuaca pada malam hari hujan dan siangnya panas," imbaunya,  Minggu (11/3).

Feri Mulyani menyebut,  hal yang harus diwaspadai adalah kemunculan jentik-jentik nyamuk DBD. Terutama di bak penampungan air,  got,  dan lainnya.

"Kita harapkan warga untuk menjaga kebersihan di penampungan air dan lingkungan sekitar agar tak muncul jentik nyamuk," ujarnya.

Pemerintah Kota Padang terus mengimbau warganya untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Aksi PSN ini seperti menguras tempat penampungan air secara berkala,  mengubur kaleng bekas, dan menutup tempat penampungan air.

"Gerakan 3M ini harus terus dilakukan warga secara rutin agar terhindar dari nyamuk DBD," tutur Feri Mulyani.

Kadiskes mengatakan,  apabila muncul gejala DBD seperti demam,  nyeri persendian, muncul bercak merah pada kulit,  atau mimisan,  agar segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat.

"Jika muncul gejala tersebut jangan menunggu-nunggu,  segera periksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat," sebut Kadiskes.

Selain DBD, dampak dari perubahan cuaca yakni munculnya penyakit ISPA. Karena itu, Kadiskes mengimbau kepada seluruh warga untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran diri. Agar tidak rentan diserang ISPA.

"Jaga stamina tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan makanan sehat dan bergizi," imbau Kadiskes.

Sekda Asnel Diserang DBD.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel sempat mendapat perawatan medis setelah menderita DBD,  pekan lalu.  Asnel yang waktu itu baru saja pulang dari dinas luar daerah merasakan suhu tubuhnya panas dan sulit untuk mengonsumsi makanan. Mendapati kondisi seperti itu, Asnel lantas dilarikan ke rumahsakit Siti Rahmah.  Asnel mendapat perawatan selama beberapa hari dan kini sudah kembali ke rumahnya.

« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID