BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Melalui Pendidikan, Pelajar Finlandia Kenali Diri Mereka


Finlandia, sebuah negara yang terletak di belahan utara bumi dengan wilayah 338.000 km2 dihuni oleh 5.3 juta penduduk, merupakan salah satu negara industri  maju dan modern dan dunia yang terkenal dengan tinggi dan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi.

Tingginya kualitas dan kompetensi SDM  Finlandia merupakan hasil dari perjalanan panjang komitmen kuat dan pemerintah dan rakyat Finlandia dalam membangun dan mengembangkan sistem pendidikan nasional. Pembangunan negara dan bangsa Finlandia berdiri diatas pilar pendidikan dan penelitian yang berbasis inovasi dan disokong penuh oleh seluruh komponen bangsa

Tujuan utama sistem pendidian Finlandia adalah mewujudkan high-level education for all, tujuan tersebut mengupayakan agar seluruh rakyat Finlandia dapat mengenyam pendidikan hingga tingkatan tertinggi, secara merata, dengan kemampuan,keahlian terbaiknya. Untuk mencapai tujuan tersebut pendidik di Finlandia adalah guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula, profesi guru juga merupakan profesi yang sangat dihargai walau gaji mereka tidaklah terlalu besar.

Salah satu prinsip kurikulum di Finlandia adalah Non-discrimination and equal treatment yang berarti tidak ada diskriminasi dan mendapat perlakuan yang sama. Di Finlandia semua anak punya hak sama dalam pendidikan, tidak dibedakan antara sikaya dan simiskin tidak dibedakan baik itu sekolah favorit atau tidak, jadi semua siswa bisa masuk dimana saja karena semua sekolah sama seluruh anak memiliki kesempatan yang setara untuk menimba ilmu dan mengembangkan dirinya sesuai kemampuan, kebutuhan dan kompetensinya, terlepas dari perbedaaan strata ekonomi , bahasa dan lingkungan tempat tinggalnya. Seluruh anak anak Finlandia juga berhak untuk menikmati pendidikan berkualitas dan berkompeten dlingkungan pendidikan yang kondusif dan aman. Sistem pendidikan yang fleksibel dan kewajiban untuk mengenyam pendidikan dasar menghasilkan kesetaraan dan kualitas yang maksimal .

Hal yang membuat sistem pendidikan di Finlandia berbeda adalah karena tidak ada assement atau penilaian, siswa tidak mengejar angka dan peringkat  selama menjalani pendidikan wajib dasar 9 tahun, namun mengejar pemahaman dan penerapan ilmu yang diberikan sesuai dengan kurikulum pendidikan dasar nasional. Sistem peringkat (ranking), baik peringkat siswa maupun peringkat sekolah (sekolah favorit atau Non- favorit ), serta sistem evaluasi ujian nasional untuk kenaikan kelas ditiap jenjang pendidikan wajib dasar 9 tahun dihapuskan, pendidikan dasar difokuskan pada upaya pembentukan karakter dan dan kapasitas dari setiap murid.

Siswa- siswa di Finlandia di bimbing untuk memiliki hal yang sama dalam belajar , maka tidak heran jika dalam kelas mereka memiliki minimal dua guru dalam mengajar , satu bertindak sebagai guru dan satunya sebagai asisten yang mengawas. Disisi lain berdasarkan hak dasar warga Finllandia, prinsip receive understanding and have their say in accordance with their age and maturity  yaitu menerima pemahaman dan pendapat sesuai umur dan kedewasaan jadi mereka memiliki hak mendapatkan ilmu sesuai umur mereka tanpa diskriminasi. Mereka juga mendapatkan dukungan spesial jika dibutuhkan seperti anak cacat dan anak-anak yang membtuhkan waktu extra akan memiliki tambahan untuk diajarkan secara khusus agar mereka mendapatkan hal yang sama seperti anak lain.

Oleh: Siti Fatimah (mahasiswa UIN Imam Bonjol)
« PREV
NEXT »

Facebook Comments APPID